Senin, 29 Mei 2023

Laporan Praktek CNC BILQIS

 LAPORAN PRAKTIKUM CNC 

"membuat desain manufaktur simple"

Disusun untuk memenuhi Tugas dan Laporan 

Disusun Oleh :

Bilqis Nur Syabila (07)

XI Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur 2

SMKN 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG


Kata Pengantar :

       Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang berjudul  “Laporan Praktikum Desain Manufaktur dan CNC” ini tepat pada waktunya.

       Adapun tujuan dari penulisan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas pada Manufaktur dan CNC dasar. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang enzim katalase di kehidupan sehari-hari bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

       Terlebih dahulu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Komariyanto S.Pd, selaku Pembimbing materi Manufaktur dan CNC dasar yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni ini.


Semarang,22 Mei 2023

Penyusun, 




Tujuan dari praktikum CNC ini adalah sebagai berikut  :


·Memahami cara kerja mesin

·Mampu mendesain suatu  CNC

·Mampu mengoprasikan mesin CNC

·Meningkatkan daya kreatifitas

·Mehami tahapan proses pemesinan menggunakan mesin CNC

·Meningkatkan jiwa kewirausahaan

·Memahami perancangan dalam proses pemesinan

·Memahami cara-cara pemesinan yang baik


BAB I

PENDAHULUAN


SEJARAH CNC 

Awal diciptakannya Mesin CNC bermula dari tahun 1952 oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts. Awalnya proyek ini diperuntukkan membuat benda kerja khusus yang rumit. Ketika Mesin CNC diperkenalkan, Mesin tersebut memerlukan Pengendali Volume Unit yang besar serta biaya yang cukup tinggi. Pada tahun 1973, masih sedikit perusahaan yang menggunakan Mesin CNC karena harganya yang sangat mahal. Namun tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang seiring perkembangan Mikroprosesor.

Di Industri menengah dan besar Jenis mesin CNC tersebut ada 2 macam yaitu Mesin CNC Bubut dan Mesin CNC Milling.Cara kerja Mesin CNC sendiri adalah dengan mensetting Program awal di Software Mesin CNC, untuk mengatur Gambar dan Alur Kerja Mesin yang disesuaikan dengan Material Bahan. Program CNC tersebut kemudian dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada Mesin CNC sehingga menghasilkan pengaturan motor servo pada Mesin CNC untuk menggerakan Perkakas untuk melakukan proses Kerja secara Otomatis sehingga menghasilkan produk yang sesuai Program sebelumnya.

Keunggulan dari Mesin CNC sendiri adalah kemudahannya untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan. Melalui software khusus dengan mengatur kinerjanya berarti kita sudah mengatur proses automatisasinya. Mesin CNC mampu mengerjakan pengerjaan yang detail dan rumit secara Otomatis, Mudah dan sekalipun dalam jumlah yang banyak dengan Kualitas hasil yang sama persis dan waktu yang Singkat.

Mesin CNC memerlukan perawatan yang baik, agar mampu bekerja dengan baik. Perawatan yang salah dapat menyebabkan Mesin CNC tersebut tidak akurat lagi. Tidak hanya itu, Mesin CNC tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, pengantian oli pelumas dan pemberian Oli juga perlu diperhatikan. Mesin CNC juga tidak diperbolehkan terbentur benda kerja dengan keras. Setelah selesai menggunakan mesin atur mesin pada posisi netral dan mematikan sumber tenaganya.

Untuk Perawatannya dapat dilakukan berdasarkan Buku Manual Mesin yang didapat, atau juga mengikuti anjuran Teknisi Mesin.


Penjelasan Bahan

1.Nillon/PVC

Bahan PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida atau seringkali disebut vinyl. Ia telah dimanfaatkan secara luas sejak pertengahan abad ke-20 karena memiliki banyak sekali kelebihan. Bahkan, bahan PVC termasuk polimer termoplastik dengan jumlah pemakai terbanyak ketiga di dunia setelah bahan polietilena dan polipropilena.

Adapun, alasan penggunaan bahan PVC yang begitu luas adalah harganya yang sangat murah sehingga sangat diandalkan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Terkait produksi, ia menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida. Dengan massa sebesar 57 persen yang merupakan klor, bahan PVC pun memakai bahan baku minyak bumi paling rendah ketimbang material lainnya.




BAB II

LANGKAH KERJA


A.Mencari Model

    Langkah pertama yaitu kita mencari model yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita inginkan seperti model yang mudah dan simple tetapi tetap modern.Dan saya telah menemukan model atau ide untuk tema Praktikum CNC kami yaitu model persegi panjang bertingkat seperti contoh berikut.




B.Membuat mendesain model di Fushion 360

Langkah - langkah sebagai berikut :

 

1. Buka aplikasi fusion, dan login menggunakan akun yang sudah terdaftar

2. Kemudian pilih sketch, dan pilih plane yang akan digunakan

3. Sesuaikan ukuran dengan benda kerja yang akan digunakan, pastikan benda kerja sudah dilakukan facing terlebih dahulu

4. Kemudian  desain pada komputer anda sesuai yang diinginkan

5. Lakukan Finish pada sketch dan simpan pada file/flashdisk tertentuk


contoh mendesain model di fushion 360 :



C. Cara Memprogram 


1. Setelah melakukan desain kemudian klik "Design" Pada kiri atas layar kemudian pilih "Manufacture".

2. Setelah itu klik "Set up" .

3. Tentukan titik nol dengan menggunakan "Box Point", lalu tentukan arah x,y, dan z sesuai yang diinginkan. Saya sarankan untuk memilih titik nol di kiri atas benda dan arah x kesamping, y ke depan dan z keatas.

4. Setelah menentukan titik nol, pilih proses yang dikerjakan sesuai yang diinginkan.

5. Pilih bagian mana yang akan dikerjakan.

6. Tentukan tool, rpm, dan feed per tooth

7. Pastikan matikan "stock to leave" pada gambar kotak kuning.

8. Cari "Optimal Load" Kemudian ubah dia menjadi 0.7/1 mm. Klik OK.

9. Klik kanan pada menu di bawah "set up" Kemudian pilih "Post Process".

10. Tentukan nama file dan masukkan file tersebut kedalam flash disk.



D.Menentukan titik nol dan mengeksekusi benda kerja


1. Pasang benda kerja pada ragum. Pastikan pararel nya tidak goyang setelah dikencangkan.

2. Setting titik nol pada bagian kiri atas benda kerja sesuai yang saya sarankan.

3. Jika menentukan titik nol pada kiri atas benda kerja posisi X ditambah setengah diameter endmill, posisi Y dikurangi setengah diameter endmill, posisi Z tetap seperti pada mesin. Rumus tersebut dapat berubah jika anda mensetting titik nol pada titik yang lain.

4. Setelah menentukan titik nol pada mesin, masukkan flashdisk yang tadi.

5. Buka parameter program kemudian cari file pemograman yang tadi, kemudian pilih salin file.

6. Setelah salin file klik buka pada file yang sudah disalin.

7. Klik "Stream", pastikan kecepatan spindel dan feeding sudah sesuai.

8. Klik "Mulai".

9. Tangan bersiap-siap pada tombol emergency, untuk berjaga-jaga bila mesin error.

10. Tunggu hingga mesin selesai mengeksekusi benda kerja.



BAB III

PENUTUP


Penutup

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktikum cnc sangat bermanfaat untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. 

Selain itu kegiatan Praktikum cnc juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan siswa. Khususnya dalam hal praktek, dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja. Serta sebagai ajang untuk melatih siswa menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

Saran

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada. Antara lain sebagai berikut :

  • Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktek kerja lapangan.
  • Utamakan keselamatan kerja.
  • Gunakan waktu sebaik mungkin.
  • Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar