Senin, 29 Mei 2023

LAPORAN PRAKTIKUM CNC ADHYATMA

 LAPORAN PRAKTIKUM CNC 

 "EASY DESIGN CNC MANUFACTURING"

Disusun untuk memenuhi Tugas



Disusun Oleh :

Adhyatma Wismaya Adante (01)

XI Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur 2

SMKN 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG


Kata Pengantar :

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-NYA kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Tugas Makalah ini dengan tepat waktu nya yang berjudul “ Representasi Data dan Pengantar Basis Data“.


Makalah ini berisi tentang pembahasan judul di atas sehingga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk pembaca dan khususnya kelompok kami.Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir penyelesaian. Semoga AllahSWT senantiasa meridloi segala usaha kita. Sidoarjo, Oktober 2017


TUJUAN PRAKTIKUM CNC : 

1. Praktikan dapat  mengetahui  proses kerja  dari  mesin cnc
2. Praktikan dapat mengetahui komponen pada mesin cnc 
3. Praktikan dapat mengetahui perbedaan fungsi dari kode G, kode M, dari mesin cnc. 
4. Praktikan  mampu  membuat  code  program  secara  manual  sesuai  dengan gambar rancang yang diberikan.  
5. Praktikan mampu membuat kode program  mengguakan bantuan aplikasi fushion 360 sesuai dengan gambar rancang yang diberika.


BAB I

PENDAHULUAN


SEJARAH CNC 

Mesin CNC pertama dikreditkan ke James Parsons pada tahun 1949. Parsons adalah perintis komputer yang mengerjakan Proyek Penelitian Angkatan Udara. Penelitiannya adalah bagaimana menghasilkan baling-baling helikopter dan kulit pesawat yang lebih baik.

Parsons dapat menghitung koordinat airfoil helikopter dengan pengganda IBM 602A. Dia kemudian memasukkan data ke dalam kartu berlubang, yang dia gunakan pada penggerek jig swiss. Informasi ini menyebabkan pembuatan banyak baling-baling helikopter dan kulit pesawat. Menurut sejarah CNC yang diterima, ini dianggap sebagai mesin CNC pertama. Parson kemudian menerima Penghargaan Peringatan Joseph Maria Jacquard untuk karyanya.



Penjelasan Bahan

1.Nillon/PVC

Bahan PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida atau seringkali disebut vinyl. Ia telah dimanfaatkan secara luas sejak pertengahan abad ke-20 karena memiliki banyak sekali kelebihan. Bahkan, bahan PVC termasuk polimer termoplastik dengan jumlah pemakai terbanyak ketiga di dunia setelah bahan polietilena dan polipropilena.

Adapun, alasan penggunaan bahan PVC yang begitu luas adalah harganya yang sangat murah sehingga sangat diandalkan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Terkait produksi, ia menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida. Dengan massa sebesar 57 persen yang merupakan klor, bahan PVC pun memakai bahan baku minyak bumi paling rendah ketimbang material lainnya.



BAB II

LANGKAH KERJA


A.Mencari Model

    Langkah pertama yaitu kita mencari model yang tepat dan sesuai dengan apa yang di design seperti model yang mudah dan simple tetapi tetap modern.Dan saya telah menemukan model atau ide untuk tema Praktikum CNC kami yaitu model persegi panjang bertingkat seperti contoh berikut.



gambar diatas merupakan desain logo Y yang dibuat pada fusion360


CARA PEMOGRAMAN 

1. Setelah melakukan desain kemudian klik "Design" Pada kiri atas layar kemudian pilih "Manufacture".
2. Setelah itu klik "Set up" .
3. Tentukan titik nol dengan menggunakan "Box Point", lalu tentukan arah x,y, dan z sesuai yang diinginkan. Saya sarankan untuk memilih titik nol di kiri atas benda dan arah x kesamping, y ke depan dan z keatas.
4. Setelah menentukan titik nol, pilih proses yang dikerjakan sesuai yang diinginkan.
5. Pilih bagian mana yang akan dikerjakan.
6. Tentukan tool, rpm, dan feed per tooth
7. Pastikan matikan "stock to leave" pada gambar kotak kuning.
8. Cari "Optimal Load" Kemudian ubah dia menjadi 0.7/1 mm. Klik OK.
9. Klik kanan pada menu di bawah "set up" Kemudian pilih "Post Process".
10. Tentukan nama file dan masukkan file tersebut kedalam flash disk.





CARA MENENTUKAN TITIK NOL DAN MENGEKSEKUSIKAN

1. Pasang benda kerja pada ragum. Pastikan pararel nya tidak goyang setelah dikencangkan.
2. Setting titik nol pada bagian kiri atas benda kerja sesuai yang saya sarankan.
3. Jika menentukan titik nol pada kiri atas benda kerja posisi X ditambah setengah diameter endmill, posisi Y dikurangi setengah diameter endmill, posisi Z tetap seperti pada mesin. Rumus tersebut dapat berubah jika anda mensetting titik nol pada titik yang lain.
4. Setelah menentukan titik nol pada mesin, masukkan flashdisk yang tadi.
5. Buka parameter program kemudian cari file pemograman yang tadi, kemudian pilih salin file.
6. Setelah salin file klik buka pada file yang sudah disalin.
7. Klik "Stream", pastikan kecepatan spindel dan feeding sudah sesuai.
8. Klik "Mulai".
9. Tangan bersiap-siap pada tombol emergency, untuk berjaga-jaga bila mesin error.
10. Tunggu hingga mesin selesai mengeksekusi benda kerja.





BAB III

PENUTUP


Penutup

Sekian yang dapat penulis sampaikan tentang Bagaimana cara mendesain dan mengeksekusi mesin CNC. Penulis harap laporan ini dapat berguna bagi semua orang yang minat terhadap CNC. Mohon maaf bila ada ketidakjelasan dan kesalahan penulisan, penulis sungguh-sungguh minta maaf, kedepannya semoga penulis dapat menulis laporan yang lebih baik lagi. Sekian Wassalamualaikum Wr. Wb.
















0 komentar:

Posting Komentar