Jumat, 26 Mei 2023

Laporan Pratikum Calvin "Membuat Logo Instagram"

 


DISUSUN OLEH :

CALVIN FARELLINO G
XI TFLM 2
08

SMK NEGERI 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG

TP 2022/2023


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktikum berjudul “Pembuatan Logo Panah” secara tepat waktu.

Laporan ini dibuat dengan maksud memenuhi tugas mata pelajaran kejuruan CNC Manufakturing. Diharapkan hasil laporan praktikum ini tidak hanya menjadi postingan pajangan pada blogspot teknik pemesinan saja. Tetapi juga bisa memberikan wawasan kepada adik angkatan dan menambah pengetahuan tentang mekanisme perancangan model, pemrograman dan langkah pembuatan pada CNC Manufaktur.

Penulis juga menghaturkan banyak terima kasih kepada Bapak Komariyanto S.Pd selaku guru pembimbing yang memberikan tugas dan mengarahkan selama proses teknis pengerjaan. Bagi penulis, sangat bermanfaat, dan memberikan banyak pengetahuan baru dibidang CNC.

Tidak lupa juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, atas bantuan selama proses pengerjaan laporan.

Mengingat hasil laporan praktikum yang penulis buat masih banyak kekurangan dan belum sempurna. Maka dari itu, kritik dan saran yang membangun penulis butuhkan untuk evaluasi dan perbaikan diri untuk laporan yang akan datang.

 

 

Semarang, 22 Mei 2023

Penyusun



Calvin farellino

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1           1.1        Latar Belakang 

Semakin berkembangnya iptek dengan pesat pada zaman sekarang ini. Hal tersebut, Salah satunya dapat dilihat dalam dunia industri manufaktur. Sebagai contoh dari kemajuan tersebut, mesin produksi atau mesin perkakas sudah banyak menggunakan teknologi tinggi seperti mesin bor dan mesin gergaji. Kemajuan di bidang teknologi pengolahan data dan informasi yang sangat pesat salah satunya adalah komputer. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan komputer ke dalam mesin-mesin perkakas seperti mesin freis, mesin bubut, mesin gerinda dan mesin lainnya. Hasil dari penggabungan teknologi komputer dan teknologi mekanik ini sering disebut dengan mesin CNC (Computer Numerical Control).

Contoh mesin CNC yang mudah ditemukan dan sering digunakan adalah mesin bubut CNC dan mesin milling. Mesin bubut CNC dan mesin milling CNC adalah mesin yang dikendalikan oleh sistem kontrol yang disebut dengan kontrol numerik terkomputerisasi (CNC). Mesin bubut digunakan untuk memotong logam yang berbentuk silindris. Mesin milling digunakan untuk memotong logam yang berbentuk prisma tegak persegi. Benda kerja yang biasa dibuat pada mesin bubut CNC adalah poros bertingkat biasa maupun yang memiliki alur atau ulir, misalnya poros roda depan vespa. Benda kerja yang dibuat pada mesin frais CNC adalah ulir, alur dan prisma tegak bertingkat. Keuntungan dari mesin CNC adalah dapat digabung dengan perangkat lunak tambahan misalnya software CAD/CAM sehingga pemakaian mesin CNC akan lebih efektif. 


1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari laporan ini yaitu :
1. Mendesain benda kerja sesuai yang diinginkan
2. Mampu membuat program agar sesuai yang diinginkan
3. Menentukan titik nol pada mesin CNC
4. Mampu mengeksekusi benda kerja yang sudah terpasang pada mesin CNC

1.3 Alat dan Bahan
      -. Mesin Cnc Meiling
      -. laptop
      -. flat endmil 5mm
      -. skatmat
      -. pararel
      -. palu plastik

BAB II

LANGKAH KERJA


2.1 Desain

Langkah kerja menggunakan mesin CNC 
Langkah pertama yang dilakukan untuk menggunakan mesin CNC tentunya adalah mendesain benda kerja. Desain benda kerja dapat dilakukan menggunakan software yang bernama "Fusion 360" atau juga dengan menggunakan "Mastercam". Saya saat ini menggunakan fusion untuk mendesain benda kerja yang saya buat yaitu membuat logo ig (instagram)
Langkah kerja:
1. Setelah melakukan desain kemudian klik "Design" Pada kiri atas layar kemudian pilih "Manufacture"

2. Setelah itu klik "Set up"

3. Tentukan titik nol dengan menggunakan "Box Point", lalu tentukan arah x, y, z sesuai yang diinginkan. Disarankan untuk memilih titik nol di kiri atas benda dan arah x ke samping, y ke depan dan z ke atas.

4. Setelah menentukan titik nol, pilih proses yang di kerjakan sesuai yang diinginkan.

5. Pilih bagian yang akan dikerjakan.

6. Tentukan tool, rpm, dan feed per tooth.

7. Pastikan matikan "stock to leave" pada gambar kotak kuning.

8. Cari "Optimal Load" Kemudian ubah dia menjadi 0.7/1 mm. Klik tombol OK.

9. Klik kanan pada menu di bawah "set up" Kemudian pilih "Post Process".

10. Tentukan nama file dan masukkan file tersebut ke dalam flash disk.

3. Pengoperasian Mesin

1. Pasang benda kerja pada ragum dengan kencang dan pastikan pararelnya tidak bergoyang.

2. Setting titik nol pada bagian kiri atas benda kerja.

3. Jika menentukan titik nol pada kiri atas benda kerja posisi X ditambah setengah diameter endmill, posisi Y dikurangi setengah setengah diameter endmill, posisi Z tetap seperti pada mesin. Rumus tersebut dapat berubah jika anda mensetting titik nol pada titik yang lain.

4. Setelah menentukan titik nol pada mesin, masukkan flash disc yang berisi kode program.

5. Buka parameter program kemudian cari file pemograman yang tadi, kemudian pilih salin file.

6. Setelah salin file klik buka pada file yang sudah di salin.

7. Klik "Stream" pastikan kecepatan spindel dan feeding sudah selesai.

8. Mulaikan mesin.

9. Tangan bersiap siap pada tombol emergency, untuk jaga jaga bila mesin error.

10. Tunggu hingga mesin selesai mengeksekusi benda kerja.

11. Lakukan deburing agar tatal yang menempel hilang.

12. Jangan lupa untuk lakukan pembersihan mesin CNC setelah selesai di gunakan.



PENUTUP

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktikum cnc sangat bermanfaat untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. 

Selain itu kegiatan Praktikum cnc juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan siswa. Khususnya dalam hal praktek, dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja. Serta sebagai ajang untuk melatih siswa menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.dan semoga kedepannya kita makin berkembamg agar siap untuk terjun ke dalam dunia kerja nantinya
 cukup sekian wasalamualaikum wr wb

0 komentar:

Posting Komentar