LAPORAN CNC KELOMPOK 5
“JAM LAMPU AKRELIK”
(Disusun
guna memenuhi tugas
jurusan mata pelajaran CNC Dasar)
Disusun oleh:
1.
M Rizal Solikhudin (21)
2.
Muchammad Yusuf (22)
3.
Muhammad Iqbal Dwi P (23)
4.
Muhammad Lutfi Aditya (24)
5.
Muhammad Rizal Sulthoni (25)
XII
TEKNIK PEMESINAN-2
SMK
N 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG
Jalan
Simpang Lima Semarang telepon (024)8311532
2014-2015
KATA PENGANTAR
Kami mengucapkan puji syukur
kehadirat Tuhan YME atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan laporan dengan judul “Jam Lampu Akrelik”. Penulisan makalah ini
bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan dari guru pengampu mata pelajaran CNC Dasar.
Laporan
praktikum ini dibuat sebagai tindak lanjut dari hasil Praktikum CNC Jurusan
Teknik Mesin SMK N 7 (STM. PEMBANGUNAN) SEMARANG.
Penyusun menyampaikan
terima kasih pihak-pihak yang telah membantu. Diantaranya :
- Kepada Komariyanto S.Pd selaku pembimbing praktikum CNC
- Kepada Rozi S.Pd selaku pembimbing praktikum CNC
- Kepada Teman-teman angkatan 2014 yang telah memotivasi demi kelancaran pembuatan laporan ini.
- Kepada pihak-pihak yang belum disebutkan, penyusun mengucapkan terima kasih.
Semoga lewat laporan ini bisa
memberikan manfaat bagi kita semua, dan dapat menambah wawasan kita, khususnya
bagi para pembaca. Kami menyadari bahwa laporan ini masih
jauh dari sempurna, maka kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi
perbaikan dan penyempurnaan laporan ini.
Semarang, 23
Agustus 2014
Penyusun
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
dengan Judul “Jam Lampu Akrelik” ini telah diperiksa oleh guru pembimbing,
Ketua Kopetensi Keahlian Teknik Pemesinan dan telah disahkan oleh Kepala SMK
Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarag
Praktikum
: CNC
Jenis
Praktukum
: Pemesinan dengan Mesin CNC
Nama Kelompok : Kelompok
7
Anggota :
1.
M
Rizal Solikhudin
2.
Muchammad
Yusuf
3.
Muhammad
Iqbal Dwi Pamungkas
4.
Muhammad
Lutfi Aditya
5.
Muhammad
Rizal Sulthoni
Tanggal : 07 November
2014
Tempat : Semarang
Ketua Kopetensi Keahlian Guru Pembimmbing
Drs. Harto, M.Si Komariyanto,
S.Pd NIP. 19600115 198503 1
016 NIP.
19751213 200501 1 006
Kepala
Sekolah SMK N 7 Semarang
Drs. Sudarmanto, M.Pd
NIP. 19610824 198703 1 009
NIP. 19610824 198703 1 009
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
CNC atau singkatan dari
Computer Numerical Control merupakan pengendalian angka atau numeric oleh
computer. Mesin CNC akan bergerak apabila ada titik koordinat(numeric) yang
akan di tuju dan ada perintah dari computer.
Dalam Jurusan Teknik Mesin di
SMK Negeri 7 (STM Pembangunan) Semarang. Terdapat materi praktikum mengenai CNC
sendiri. Siswa di harapkan mampu menguasai ilmu pengetahuan CNC dasar seperti gerak
tanpa penyayat(G00), gerak makan(G01), gerak makan radius(G02/G03), membuat
ulir, mengganti pahat, menentukan titik nol dan lain lain.
Dalam dunia industri
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemasaran dan produksi
merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. Sehingga SMK diharapkan
mempunyai peran penting. Hal ini mengakibatkan siswa harus memahami dan
menguasai ilmu jurusan yang di ambil sehingga dapat menjadi lulusan yang
berkualitas.
Latar belakang pembuatan Tugas
Sekolah merupakan untuk memenuhi tugas dari guru, serta mengembangakan kreativitas
dan kerjasama siswa dalam mengembangkan suatu inovasi dalam pembelajaran School Foctory pada siswa, maka siswa di
SMK Negeri 7 Semarang dilatih untuk mampu menciptakan suatu alat. Meski alat-alat
tersebut sudah ada di pasaran, tetapi siswa diharapkan mampu mengetahui cara
membuat, dapat mengapresiasikan sebuah karya, serta memiliki pengalaman sebelum
produk tersebut ada hingga dapat dimanfaatkan.
BAB II
Tujuan
Pembuatan
A. Tujuan Umum
1.
Siswa dapat memahami cara kerja
mesin CNC
2.
Siswa mampu mendesain suatu
benda kerja dengan bantuan software masterCam
3.
Siswa mampu mengoperasikan mesin CNC
4.
Siswa mampu memahami program program
mesin CNC
5.
Siswa dapat memahami tahapan-tahapan
proses pemesinan menggunakan mesin CNC
6.
Siswa dapat memahami ilmu pemesinan
dengan baik.
B. Tujuan Khusus
1.
Siswa dapat membuat
perencanaan pembuatan Jam Lampu Akrelik
2.
Siswa dapat mengetahui
komponen-komponen utama Jam Lampu Akrelik
3. Siswa dapat menerapkan School Factory
4. Siswa dapat mengembangkan jiwa enterpreuner atau kewirausahaan pelajar
5. Siswa
dapat memahami perancangan dalam pembuatan suatu
produk
6. Meningkatkan daya
kreatifitas Siswa
7. Melatih
siswa agar dapat menciptakan kreativitas dan inovasi
8. Siswa
dapat menggunakan aplikasi AutoCAD maupun Autodesk Inventor dalam pembuatan
program maupun laporan
TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
- Sebagai salah satu bukti telah melaksanakan tugas untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru pengampu.
- Sebagai pertanggungjawaban bagi penulis terhadap produk ini.
- Sebagai dokumen sebagai bahan studi dan pengalaman bagi dari penulis kepada pembaca
- Sebagai pedoman/tuntutan cara pembuatan laporan kerja kepada pembaca
- Agar pembaca dapat menilai, mengkritik, dan memberi saran demi kesempurnaan laporan.
Fungsi Produk
Jam lampu akrelik merupakan salah satu figura dengan keunikan, keindahan dan
seni yang tinggi. Hal ini karena penggabungan dari kreativitas dari jam rumahan
biasa dengan digabungakan dengan sorot lampu transparan sehingga menimbulkan
keunikan tersendiri. Demikian pula dari nilai jual mempunyai nilai jual tinggi.
Di pasaran jam lampu akrelik juga disukai oleh banyak orang karena sebagai
hiasan dan kenangan. Banyak dari industri memberikan jasa pembuatan dengan gambar
atau keinginan oleh pelanggan mereka walau industri juga memproduksi secara massal.
Ada perusahaan yang menggunakan CNC sebagai mesin utama pembuatan gambar/bentuk
akrelik, ada juga yang menggunakan mesin Laser cutting, Router, printer, maupun
hanya stiker. Tergantung dari tingkat kesulitan, harga dan keinginan bentuk
seperti apa dari pelanggan.
Jam Lampu Akrelik yang kami buat mempunyai 3 bagian utama
yaitu Base(bagian bawah), Support(penutup), dan Akrelik. Produk yang kami buat
tidak menggunakan mur sebagai pengunci antara Base dan Support. Kami
menggunakan Suaian dalam pemasangan
benda ini karena alasan mengurangi pengeluaran dan pemborosan bahan. Jenis
bahan antara lain :
- Base : Kayu
- Support : Kayu
- Akrelik : Akrelik
FUNGSI-FUNGSI BAGIAN UTAMA
- BaseBerfungsi sebagai landasan. Di bagian ini berbentuk surface. Sengaja dibuat untuk menemparkan baterai, tempat baterai dan kabel lampu LED.
- Support
Berfungsi sebagai penutup. Di bagian ini di gunakan sebagai tempat dudukan Jam Akrelik juga lubang dimana lampu LED yang menyala akan terfokus untuk menyorot ke bagian Akrelik. - AkrelikBerfungsi sebagai jam sekaligus bagian pembias cahaya. Di bagian ini adalah bagian yang paling utama. Digunakan sebagai tempat dudukan jam. Lampu yang berada di bagian base akan menyorot ke bagian ini sehingga menimbulkan efek terang transparan yang mengakibatkan jam terlihat menyala pada bagian tertentu.
BAB III
ANGGARAN
BIAYA
Perencanaan komponen dan perencanaan pengadaan bahan :
- Perencanaan dan mendesaign rencana pembuatan “Jam Lampu Akrelik.
- Memahami dan mempelajari gambar.
- Membuat program pada MasterCam.
- Mempersiapkan bahan,alat dan perlengkapan lainnya
- Merencanakan jadwal pengerjaan.
- Proses pengerjaan dan Assembly.
- Evaluasi dan refisi.
- Pembuatan laporan
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Jenis
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Akrelik
|
Transparan/Bening
|
Tebal 10 mm
|
-
|
1
|
2
|
Kayu
|
Gelap
|
Jati
|
-
|
1
|
3
|
Kayu
|
Gelap
|
Jati
|
-
|
1
|
4
|
Baterai
|
Elemen Kering
|
-
|
-
|
2
|
5
|
Lampu LED
|
Putih
|
-
|
-
|
3
|
6
|
Tempat Baterai
|
Dual Baterai
|
-
|
-
|
1
|
0 komentar:
Posting Komentar