Selasa, 11 November 2014




LAPORAN PRAKTIKUM CNC
“MEMBUAT ACRYLIC LAMP”
(Disusun Untuk Memenuhi Tugas CNC Lanjut)

 

Disusun Oleh :
Kelompok 1
Nama                         :  Abid Ananta k      (01)
                                      Aditya Novianto   (02)
                                      Agus Setiono        (03)
                                      Ahmad Syaifudin  (04)
                                      Alamin Jaya W     (05)
                                   
Teknik Pemesinan II

SMK N 7 (STM PEMBANGUNAN) SEMARANG
TAHUN AJARAN 2014-2015






KATA PENGANTAR

Alhamdulilaahi Rabbil Alamin, puji syukur kita kehadirat Allah SWT.yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya sehingga penyusunan Laporan Akhir Praktikum CNC ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.
Laporan praktikum  ini dibuat sebagai tindak lanjut dari hasil Praktikum CNC Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 7 Semarang.
Penyusun menyampaikan terima kasih pihak-pihak yang telah membantu. Diantaranya :
1.      Kepada Bpk Komaryanto S,Pd selaku guru pembimbing mesin CNC
2.      Kepada Bpk Rozi S,Pd selaku guru pembimbing mesin CNC
3.      Kepada Teman-teman yang telah membantu dalam praktikum CNC
4.      Kepada Keluarga yang telah mendukung kegiatan praktikum ini.
 Penyusun mengharapkan  masukan dan kritik serta saran selama penyusunan berlangsung.Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa laporan praktikum ini jauh dari sempurna mengingat keterbatasan referensi dan waktu yang tersedia untuk penyusunannya.Untuk itu penyusun mengharapkan timbal balik dari berbagai pihak demi penyempurnaan di masa-masa yang akan datang.
Selanjutnya, penyusun berharap semoga Laporan Praktikum CNC ini dapat bermanfaat dalam memahami teori dan praktek CNC.

Semarang,29 Oktober 2014
                                                                                                       Penyusun, 



                                                                                                         Kelompok 1
      




TUJUAN PRAKTIKUM CNC
Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum CNC ini adalah sebagai berikut  :
·         Mampu mendesain suatu benda kerja dengan bantuan CorelDraw dan MasterCam
·         Memahami cara kerja mesin CNC
·         Mampu mengoprasikan mesin CNC
·         Meningkatkan daya kreatifitas
·         Mehami tahapan proses pemesinan menggunakan mesin CNC
·         Meningkatkan jiwa kewirausahaan
·         Memahami perancangan dalam proses pemesinan
·         Memahami cara-cara pemesinan yang baik



DAFTAR ISI

Halaman Judul………………………............................................................................1
Kata Pengantar………………………………………………………………………...2
Tujuan Praktik…………………………………………………………………………3
Daftar Isi………………………………………………………………………………4
BAB I. Dasar Teori…………………………………………………………………..5
Ø  1.1.Sejarah CNC/CAM……………………………………………………………5
Ø  1.2 Penjelasan Bahan……………………………………………………………...5
BAB II. Langkah Kerja……………………………………………………………..7  
Ø  2.1 Mencari Model……………………………………………………………………7
Ø  2.2 Membuat Model di CorelDraw (Gunungan)……………………………………..8
Ø  2.3 Membuat Dudukan di MasterCam………………………………………………..15
BAB III. Langkah Pemesinan



























BAB I
PENDAHULUAN
A.   Sejarah CNC
Awal lahirnya mesin CNC (Computer Numeeically Conterolled) bermula dari 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Masschusetss, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Semula proyek tersebut diperuntukan untuk membuat benda kerja khusus yang rumit.
Semula perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini di picu oleh perkembangan microprosesor, sehingga volume unit pengendalian dapat lebih ringkas.
Dewas ini pengguna mesin CNC hampir terdapat di segala bidang. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak.

B. Penjelsan Bahan
1.      Akrilik
Akrilik (Acrylic) merupakan plastik yang menyerupai kaca, namun memiliki sifat-sifat yang membuatnya lebih unggul dari pada kaca dalam banyak cara salahsatunya dari perbedaan sifatnya yaitu dari kelenturan dari akrilik (Acrylic) itu sendiri. Namun dahulu merek kelas tinggi akrilik (Acrylic) dinamakan polycast, Lucite dan Plexiglas.
Akrilik (Acrylic) tidak mudah pecah, bahan ringan dan juga mudah untuk dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, dikilapkan dan dicat. Sebagaimana yang biasa dijadikan/ digunakan dalam berbagai hal misalnya dijadikan bingkai foto, perabotan, patung, produk display, hiasan dan lain sebagainya.

2.      Kayu Mahoni
Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu khas daerah tropis. Maksudnya, kayu ini berasal dan hanya ada di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis contohnya adalah Indonesia. kayu mahoni dikenal sebagai jenis kayu pertukangan yang baik. Kayu ini dapat dengan mudah dikerjakan seperti dipotong dan dibentuk sehingga kayu mahoni banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam kerajinan dan produk-produk mebel seperti handycraft, aneka mebel ukiran, lemari, kursi, meja, furniture anak dll ciri-ciri kayu mahoni adalah sebagai berikut:
  • Warna: bagian teras atau tengah kayu mahoni kebanyakan berwarna merah muda (bisa dibilang terlihat pucat), tetapi ada juga kayu mahoni yang berwarna merah tua mirip sekali dengan warna hati. Ini terdapat pada kayu mahoni yang benar-benar berumur tua, mungkin pohonya tumbuh lebih dari 25 tahun. Sedangkan untuk gubalnya atau bagian tepi kayu selalu berwarna putih.
  • Serat: kayu mahoni memiliki serat lurus dan terpadu.
  • Tekstur: Kayu mahoni memiliki tekstur halus dan berpori-pori kecil.




3.      Lampu Led
Lampu LED atau kepanjangannya Light Emitting Diode adalah suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut.Misalnya pada sebuah komputer, terdapat lampu LED power dan LED indikator untuk processor, atau dalam monitor terdapat juga lampu LED power dan power saving.Lampu LED terbuat dari plastik dan dioda semikonduktor yang dapat menyala apabila dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 volt DC). Bermacam-macam warna dan bentuk dari lampu LED, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya.
            Fungsi Lampu LED (Light Emitting Diode) merupakan sejenis lampu yang akhir-akhir ini muncul dalam kehidupan kita. LED dulu umumnya digunakan pada gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer. Sebagai pesaing lampu bohlam dan neon, saat ini aplikasinya mulai meluas dan bahkan bisa kita temukan pada korek api yang kita gunakan, lampu emergency dan sebagainya. Led sebagai model lampu masa depan dianggap dapat menekan pemanasan global karena efisiensinya.

4.      PowerBank
Power bank memiliki arti penyimpan tenaga atau lebih tepatnya penyimpan daya. Power bank dapat menyimpan listrik layaknya batrei handphone.Fungsi power bank adalah sebagai pengisi daya gadget saat kita sedang berada diluar dan jauh dari sumber listrik. Fungsi power bank dapat disebut juga sebagai penyimpan daya atau dapat dianalogikan sebagai batrei cadangan, namun untuk penggunannya kita tidak perlu mencopot batrei handphone, kita cukup menacapkan kabel seperti saat kita men-charger menggunakan charger biasa.
            Power bank memang khusus dibuat untuk  orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari ribuan mAh sampai puluhan ribu mAh.


BAB II
LANGKAH KERJA

A.Mencari Model
                Langkah pertama yaitu kita mencari model yang modern tetapi tetap elegan dan kami telah menemukan sebuah model atau ide untuk tema praktikum CNC kami yaitu model gunungan wayang yang berlambangkan logo SMK N 7 Semarang yang bernuansa batik.

A.1 Maksut dan Tujuan Model
 
·         Gunungan Wayang
Kami menentukan model gunungan untuk model dasar kami karena gunungan wayang adalah lambang budaya Indonesia khususnya di pulau Jawa.Dan untuk bertujuan melestariakan budaya Indonesia agar tidak terlupakan oleh para penerus bangsa kita.
 
·         Logo SMK N 7 Semarang
Kami menentukan model logo SMK N 7 Semarang karena SMK N 7 Semarang adalah sekolah kami yang kami cintai.Kami ingin membuktikan bahwa SMK N 7 Semarang bisa membuat barang yang bernilai jual dan sebagai tanda buatan dari siswa-siswi SMK N 7 Semarang.
·         Motif Batik
 
Kami memilih model motif batik karena batik adalah salah satu icon dari Indonesia yang sangat mengagumkan dan sangat bernilai budaya.Tujuan kami menggunakan motif batik yaitu untuk melestarikan budaya batik dan menjaga terus batik Indonesia dari negara-negara lain yang ingin mencuri batik kita,maka dari itu kita harus selalu menjaga budaya batik Indonesia.

B.     Membuat model di CorelDraw
Langkah  – langkahnya sebagai berikut          :
1.      Mencari gambar gunungan yang berformat  .cdr
2.      Mencari gambar batik dengan format .cdr
3.      Mencari logo stemba
4.      Masukkan gambar gunungan ke CorelDraw
5.      Sesuaikan ukuran yg diinginkan (165mm x 262.5mm)
6.      Hilangkan batik yang berada di gunungan dengan cara         :
a)      Pilih cursor Shape Tools
b)      Klik pola batik yang berada di gunungan
c)      Double klik titik sudut pada batik dan batik akan hilang dengan sendirinya
7.      Setelah batik hilang, masukkan gambar stemba pada gunungan dan posisikan pada posisi yang diinginkan
8.      Sesuaikan ukuran logo stemba
9.      Klik logo stemba lalu klik ikon Mirror Horizontal maka logo stemba akan terbalik
10.  Buka gambar batik di CorelDraw
11.  Pilih gambar – gambar batik yang diinginkan
12.  Copy gambar batik yang dipilih, lalu masukkan ke gambar gunungan dan posisikan sesuai keinginan
13.  Jika semua susunan sudah selesai simpan dalam format .dwg-AutoCad

C.     MEMBUAT MODEL DI MASTERCAM

Langkah-langkah        :
1.      Masukkan gambar format .dwg-AutoCad tadi pada MasterCamX4
2.      Mengatur tipe mesin dengan Klik Machine Type >>> Mill >>> Manage List >>> MILL 3 – AXIS VMC.MM.MMD, lalu klik tanda centang
3.      Klik Properties pada Operation Manager pilih stock setup >>> bounding box>>>klik tanda centang lalu atur ketebalannya
4.      Memocket pada mastercam                      :
a)      Klik TOOLPATHS >>> POCKET >>> pilih bagian yang ingin di pocket >>> klik tanda centang
b)      Mengatur tool       :
Ø  klik  tool >> klik kanan pada layar pilih CREATE NEW TOOL (untuk memilih jenis tool yang akan dipakai)
Ø  klik Type, lalu pilih jenis endmill yang pakai
Ø  klik Endmill1 Flat, aturlah diameter endmill dan aturlah jumlah tools pada tersebut dan isikan pada kolom Tool #
Ø  klik parameter, aturlah parameter kecepatan, lalu klik tanda centang
c)      klik roughing >>> klik Constant Overlap Spiral (untuk mengatur alur/arah tool saat
menyayat)
d)     klik Finishing >>> matikan finish (karena menggunakan roughing Constant Overlap Spiral)
e)      klik depth cuts, lalu isilah :
Misal
·         max rough step     : 0.2 berarti pada saat menyayat kedalam, kedalamannya adalah 0.2
·         #Finish cut                        : dibiarkan
·         Finish step                        : dibiarkan
·         Isikan tanda centang pada keep tool down, lalu klik tanda centang
f)       Pada feed plane Klik linking parameter, lalu       :
·         Matikan retract pilih absolute
·         Pada depth, isikan sesuai kedalaman benda kerja yang akan disayat
g)      Jika sudah selesai klik tanda centang



D.    MEMBUAT DUDUKAN
Langkah – langkah              :
1.      Membuka program MasterCamX4
2.      Tekan tombol F9, agar terdapat pertemuan garis vertikal dan hozontal
3.      Membuat persegi panjang dengan klik ikon  pada ikonbar yang terdapat pada MastercamX4, dan buatlah sudut kiri bawah kotak pada titik temu garis vertikal dan horizontal. Aturlah ukuran kotak dengan mengisi kolom panjang dan lebar.
4.      Membuat offset pada kotak dengan klik toolbar Xfrom >>> Offset >>> isikan ukuran offset >>> klik garis yang akan dioffset dan arahkan kemana garis akan di offset >>> setelah semua garis di offset klik tanda centang.
5.      Menghapus garis dengan klik ikon  dan klik garis yang akan di trim. Bagian yang di trim adalah garis yang akan dibuat kotak dengan klik garis oanjang dan lebarnya.
6.      Memoket benda kerja. Langkahnya sama seperti membuat model gunungan hanya saja endmillnya bisa dengan ukuran yang lebih besar

0 komentar:

Posting Komentar